9.5.08

"appreciate knowLedge" atau "punish ignorance"?

Hari ini gw dihadapkan pada satu kenyataan
daLem Lingkup yang Lebih Luas dari sekedar hidup gw.
dunia.

Yep, dunia.

baru aja gw Les tadi, keLas gw diajarin Thomas hari ini.
FYI, dy guru fav gw, penuh dengan pengetahuan yg membuat gw
seLaLu terinspirasi untuk bikin siLLy thoughts..

kaLi ini dy mempertontonkan sebuha fiLem, The Simpsons,
sambiL ngajarin Qt2 sekaLi Lagi, tentang idup.

yang berkesan seteLah nonton piLem itu adaLah ini:

ada satu adegan, di mana keLuarga Simpson ikut games di TePe Japan.
penyiar acaranya biLang begini:
"we do appreciate knowLedge,
but we punish ignorance!"

yang artinya secara harafiah,
kami memberikan penghargaan buat keberhasiLan2,
tapi kami menghukum kegagaLan.

kata2 Thomas tentang haL ini bisa di Liad di bLog satu Lagi,
mgkn ntar gw post k situ.

sekarang apa yg gw dapet dari sini...
gw, dibesarkan oLeh sebuah custom, sebuah cuLture, sebuah budaya
yang mengajarkan bahwa kesaLahan seseorang adaLah kesaLahan itu sendiri.

maksut gw,biar gampang Lgsg pake contoh aja nih.
guru gw bertanya, "1+1 berapa?"
gw jawab, "3, bu!"
LaLu si guru bLg,
"aduh Henny, kemarin kan udah ibu ajarin, masih juga beLum bisa2!!
sekarang kamu keLuar keLas, apaLin tambah2an 1+1 sampe 1+100!!
ayo, yang Lainnya, ada yang bisa jawab??"

seteLah gw keLuar keLas, gak ada yang menjawab Lagi.
keLas sunyi.

menurut u kenapa?

karna mereka takut dihukum.
saLah = hukuman. itu kodrat.

sekarang gw ajak kita sama2 'pergi' ke Canada sebentar.
guru gw di Canada bertanya, "2+2 berapa??"
ada anak yang jawab, "22, bu!!"
si ibu terus biLang,
"hmm.. oke, menurut kamu kenapa 2 + 2 = 22?"
seteLah si anak menjeLaskan, si ibu biLang Lagi,
"oke, ibu ngerti maksut kamu..
tapi sayangnya, mungkin 22 bukan jawaban yang paLing tepat..
tapi kamu sudah berani menjawab, and that's good!"

keLas berLanjut dengan banyak jawaban2 dan aLasan2 yang keLuar..
mereka gak takut saLah, dan diajar untuk jadi optimis.
berbuat suatu kesaLahan bukan suatu kesaLahan.
maLah u butuh untuk saLah, supaya u tau gimana caranya jadi bener.

see the difference?

gw secara pribadi narik satu peLajaran dari sini:
kaLau guru2 di Canada bisa sebijak itu dan menerima semua kesaLahan anak2 murid,
LaLu memberi tahu bahwa itu saLah, dan mengajari yang benar,

apaLagi TUHAN gw yang di atas sana

gw seLaLu jatuh Lagi daLem dosa.
dan tiap kaLi gw jatuh, gw capek, dan gw muLe biLang,
gw gak pingin bangun Lagi. gw pasti jatuh Lagi. akhirnya gw pasti dihukum juga untuk ini.
karna gw bersaLah, terus dan terus.

tapi, friends, Tuhan Qt ini, gw yakin adaLah Tuhan yang begitu cinta sama kita.
saat kita berbuat saLah, Dia tidak akan menghukum.
Dia "aprreciates knowLedge, but doesn't punish ignorance"
gw percaya beLum sampai waktunya Dy akan punish..

karna itu gw kaLi ini mencoba sekaLi Lagi,
untuk bangun Lagi sekaLi Lagi, mencoba untuk berpikiran positip,
bahwa it's ok to be faiLed..
coz a faiLure is when you faiLed, and you didn't get up anymore.

saLah itu wajar.
tapi kegagaLan yang sesungguhnya, adaLah saat u saLah,
dan u gak mencoba bangun sekaLi Lagi untuk cari yang benar.

Gbu abundantLee..

Tidak ada komentar: