22.3.08

sunset untuk anak jaLanan

8:18 AM 3/22/2008

kemarin gw ke greja Lewat jaLan depan (grogoL)

bwt Lo orang yg gk tau, g coba gambarin yaQ..

kLo Lo jLn Lwat situ, kanan kiri Lo ada JaLan Layang..
di bawah jaLan Layang di sebeLah kanan Lo,
biasanya ada orang2 yg trgeLetak n tidur gt aj..

tapi, kaLau Lo mo Liad sunset,
sunset na juga ada di sebeLah kanan Lo itu.

dapet kan gambaran na? g muLe crita yaQ.. ^^
Jadi begini.

kemarin ini gw Lewat sana pas dah mau jem 6an..
jadi udah sunset.. dan gw kebetuLan Liad sunset na..
Langit warnanya keemas-emasan, kuning kuning,
awannya berarak-arak, keLiatannya kayak berpusat sama matahari

sinar matahari yang biasanya nyengat,
udah muLai meLemah.. tapi sinar itu keLiatannya
kayak gak mau kehiLangan wibawa.
masih aja dy bersinar begitu terang, mencoba menyiLaukan,
tapi akhirnya maLah membuat gw terpukau.

kejadiannya gak Lama, karna seteLah saLah satu piLar,
ruang terbuka untuk ngeLiat sunset itu tertutup
sama bangunan tinggi dan jaLan Layang yg Lain.

dan perhatian gw Langsung teraLih. dengan cepatnya.
secepat motor bokap gw,
kepada orang2 jaLanan yang duduk, tidur, dan ngumpuL2 di situ...

jaLanan brLanjut samPe tempat yg sm sekaLi gak bisa ngeLiad sunset itu.
di sana ada Lebih banyak kehidupan..
ada Lebih banyak orang yang tidur, yang duduk, dan yang ngumpuL.
termasuk yang ngamen, yang maen kartu, dan yang bengong...

kejadiannya gak Lama, karna gw Langsung ngeLamun..
dan waktu sadar, tau2 gw udah di greja.

sekarang pertanyaan nya,
apa Lo pikirkan, abis kebayang kejadian yg gw Liad tadi?

...kaLo gw,gw bingung..
kenapa gw bingung?

karna, jeLas2 ada tempat yang Lebih bagus daripada koLong jembatan yang itu,
tempat yang bisa ngeLiad sunset, Lebih bercahaya, Lebih ada sinar,

tapi kenapa mereka miLih tinggaL di koLong yang geLap dgn Lampu redup??

orang2 jaLanan yg duduk, tidur, n ngumpuL2 yg Lbih awaL gw Liad jg aneh.
kenapa mereka gk ada yg merhatiin ada sunset bagus banget
di koLong jembatan di sebeLah piLar dy?

kenapa mereka terpaku sama apa yang jadi masaLah mereka,
mereka nenggeLamin diri daLem masaLah,
mereka ngumpuL untuk ngobroLin masaLah2 idup
(mgkn bkn msLh idup c.. tapi apa c yg bisa mereka omongin bareng2
seLaen itu, kL ekspresi mreka begitu kusut n tertunduk??)

kenapa mereka gak duduk berbaris di koLong sebeLahnya,
nikmatin matahari terbenam, dan bersenang2 dengan perasaan itu??
padahaL jarak mereka cm bbrp Langkah, sampe mereka bisa ngeLiad sunset itu.

oke, gw tau jawabannya.
"buang2 waktu", "gak berguna", "gak penting"

tapi kaLo Lo adaLah orang yg hidup di koLong jembatan yang geLap itu,
dan Lo baca tuLisan ini, gw mo kasitau.

masaLah apapun yang Lo hadapin,
masaLah hidup seberat apapun yang Lo dapetin,
gk Lebih penting, gk Lebih berharga, daripada berkat Tuhan yang gk Lo Lyad!

gw bicara dengan mengasumsikan bahwa Lo adaLah orang di koLong jembatan itu.
woi dodoL!
bukan masaLah Lo gk punya waktu untuk dibuang2 sambiL merhatiin sunset!
bukan masaLahnya ada banyak haL yg Lebih penting daripada itu..
emang apa sih yang Lebih penting??

sebagai orang jaLanan, Lo tau gak sih, apa yg Lo miLiki??
kaLo Lo biLang gak ada, gw bakaL bener2 marah.

kaLo maLem, Langit yang penuh bintang itu miLik Lo.
kaLo sunset, pemandangan indah itu miLik Lo juga.
Lo bisa sepuas-puasnya mandangin tuh Langit.
bisa sepuas-puasnya biLang makasih sama Tuhan.

waktu cuaca panas, Lo punya koLong jembatan untuk berteduh.
waktu cuaca dingin, Lo punya karton untuk berLindung.
waktu ujan, bahkan, Lo bisa maen ujan sepuas Lo.
tanpa perLu takut ada yang marahin, tanpa perLu takut apa2!!

takut gak ada makanan?? itu urusan beLakangan.
kaLo Lo Laper, itu masaLah keciiiiL~!!

tapi berkat Tuhan yang Luar biasa itu, jadi gk keLiatan karna masaLah keciL itu.


sekarang kaLo Lo udah baca sampe sini,
gw gak tau apa yg Lo pikirin.
ada satu haL yg mo gw kasitau..

dari awaL,
orang2 di koLong jembatan itu adaLah Qt.
masing2 dari Qt yang punya masaLah.

sunset itu adaLah berkat Tuhan.

dan koLong jembatan, adaLah tempat di mana Qt bersungut2 sama Tuhan.
memiLih untuk Lebih mikirin susahnya hidup ini
daripada bersyukur sama Tuhan atas sunset yang keren abis..

sekarang, Lo orang yang tinggaL di mana??
apakah Lo orang yang tetap nongkrongin sunset di tengah masaLah Lo??
itu bagus. terus ajak orang Lain untuk rame2 ngeLiat sunset itu..

atau Lo orang yang ada beberapa Langkah dari sunset itu??
itu bagus. meLangakahLah sedikit Lagi.. Lo akan segera sampe di sana..
di tempat yang udah Tuhan kasi untuk Lo..

ataukah Lo adaLah orang yang tinggaL di bawah koLong jembatan yang geLap,
hopeLess, tanpa harapan, dan pusing mikirin idup??
itu tetep bagus. Lo beLum meLihat berkat Tuhan yg Luar biasa iu.
dan saat Lo ngeLiat, gw jamin Lo pasti terpukau.

karna berkat Tuhan,
adaLah sinar yg gak pernah padam.. sampe2 seLuruh bumi bisa Liad sinar itu..

Jesus Luvs u, bro n sis..
jangan biarkan ketakutan dan kekhawatiran menjauhkan Lo dari berkat Tuhan..

8:49 AM 3/22/2008

1 komentar:

nicX mengatakan...

baGi mereka, ap yg mereka miliki, haL iTu "cuma"
slain mereka, qT jga pnya kn?
yg dy ga pnya, qT malah pnya